Jumat, 17 Juni 2016

Ramadhan Momentum Mendekatkan Diri kepada Sang Pencipta

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA mengimbau agar Ramadhan bisa dilampaui dengan baik dan damai.
"Masyarakat harus memahami bahwa Islam adalah rahmatan lil alamin, jadi melaksanakan agama dengan pesan-pesan penuh kedamaian," katanya di Jakarta, Jumat (17/6).
Ia mengatakan puasa merupakan ibadah yang memadukan keikhlasan hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta dan keikhlasan hubungan antara manusia dengan manusia. Secara pribadi puasa merupakan media mendekatkan diri kepada Allah.
Sedangkan dari aspek sosial puasa mengajarkan kepedulian kepada sesama, memperbanyak amal saleh, dan tidak mengumbar nafsu konsumtif. "Puasa hendak mengajarkan bagaimana manusia mengendalikan diri dalam kehidupan. Dalam konteks ini, Islam mengajarkan kepedulian sosial melalui zakat fitrah di akhir Ramadhan," katanya.
Dede juga mengingatkan umat Muslim di Indonesia harus menyadari hidup di tengah keberagaman dengan Pancasila sebagai dasar negara. Sehingga harus dikembangkan terus sikap saling menghormati dengan umat beragama lain.

sumber :  http://www.republika.co.id/berita/ramadhan/kabar-ramadhan/16/06/17/o8wozd-ramadhan-momentum-mendekatkan-diri-kepada-sang-pencipta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar